Rabu, 28 November 2012

TIK semester 1

 
TIK - Perangkat Utama Internet & Pendukung

1. Komputer
image
Fungsi : Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer  yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
2. Modem
image»>>MODEM EKSTERNAL
image»>>MODEM INTERNAL
Fungsi : Modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem
3. Saluran telepon
image
Fungsi : Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
4. HUB/SWITCH
image
Fungsi : Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan. 
5. Repeater
image
Fungsi : Perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.
6. Bridge
image
Fungsi : Perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain
7. Router
image
Fungsi : Perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda
8. Motherboard/Mainboard
image
Fungsi : Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang pada motherboard tersebut. Motherboard juga Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak
9. Processor
image
Fungsi : Komponen ini adalah mengatur semua jalannya proses yang terjadi selama komputer bekerja. Oleh karena itu, semakin besar kecepatan processor, maka semakin cepat pengeksekusian program pada komputer. Satuan untuk processor sendiri adalah Mhz ( mega hertz ) atau GHz ( Giga Hertz ).
10. Memory
image
Fungsi : Memori biasa disebut RAM adalah memori untuk menyimpan proses data untuk sementara. Ram merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
http://annissaps.blogspot.com/2012/08/tik-perangkat-utama-internet-pendukung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar